Ahlan wa Sahlan, Saudaraku..

Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh..

Ini adalah blog resmi Kajian Wisata Ruhani Undip untuk mempermudah seluruh Jamaah Masjid Kampus Undip untuk berinteraksi baik tanya jawab tentang syariah dan kehidupan sehari-hari.
Dan juga disediakan seluruh file dan dokumentasi di setiap kajian, semoga dapat mengobati kerinduan terhadap Kajian Islam karena sibuknya aktifitas baik kuliah, kerja, maupun aktifitas lainnya..

Selanjutnya semoga ini bisa menjadi sarana terbaik kita bersama menjadi Muslim yang terbaik..

Wisata Ruhani
"Bersama Menuju Kebaikan"

14 January 2012

Cuplikan Hadist Arba'in ke-19

Bismillahirrahmannirrahiim.......
Sebuah hadist yang memiliki kandungan hikmah yang luar biasa...tentang cinta...tentang pemeliharaan Alloh kepada kita..

Abu Al ‘Abbas ‘Abdullah bin ‘Abbas berkata: Pada suatu hari saya pernah ada di belakang Nabi SAW, maka beliau bersabda: Wahai anak! Aku akan mengajarimu beberapa kalimat: “Jagalah Alloh, pasti Alloh akan menjagamu. Jagalah Alloh, pasti engkau akan mendapatkanNya di hadapanmu. Jika engkau meminta, mintalah kepada Alloh. Jika engkau meminta tolong, mintalah tolong kepada Alloh. Ketahuilah, bahwa jika umat (manusia) bersatu untuk memberikan manfaat (kebaikan) padamu dengan sesuatu, niscaya tiadalah mereka dapat melakukan hal itu, kecuali dengan sesuatu yang telah ditentukan Alloh kepadamu dan jika mereka bersatu untuk mencelakakanmu, niscaya tiadalah mereka dapat mencelakakanmu kecuali dengan sesuatu yang telah ditentukan oleh Alloh kepadamu. Kalam telah diangkat dan catatan-cacatan amal telah mengering (tintanya).”

Diriwayatkan oleh Tirmidzi dan berkata: “Itu adalah Hadist hasan Shahih dan dalam riwayat selain Tirmidzi; “Jagalah (peliharalah) Alloh; niscaya engkau mendapati-Nya di hadapanmu. Hendaklah engkau mengenal Alloh di waktu lapang (senang), niscaya Alloh akan mengenalmu di waktu sempit (susah). Ketahuilah bahwa apa yang luput (tidak mengenai) darimu, tidak akan mengenaimu, dan apa yang harus mengenaimu tidak akan luput darinya. Dan ketahuilah sesungguhnya kesabaran membawa kepada pertolongan, bersama kesusahan ada kegembiraan, dan sesudah kesulitan akan ada kemudahan.”

[hadist Arba'in ke-19]

**
Ketenangan jiwa bersumber dari rasa cinta yang mendalam kepada Sang Maha Cinta.
Jika rasa jiwa kita bisa mengalahkan rasa nafsu, maka kita akan terhindar dari rasa keputusasaan, kemalasan dan kelalaian. Ingat, carilah ridho-Nya dengan cara yang Diridhoi-Nya. Bukan dengan jalan kesesatan melainkan dengan jalan keistiqomahan.
Yakinlah...
dan berdoalah...
Semoga kita bisa senantiasa mencintai-Nya, mencintai segala sesuatu karena-Nya, dan mencintai segala amal perbuatan yang dapat membuat kita tambah cinta kepada-Nya.
aamiin..

0 komentar:

Post a Comment