Ahlan wa Sahlan, Saudaraku..

Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh..

Ini adalah blog resmi Kajian Wisata Ruhani Undip untuk mempermudah seluruh Jamaah Masjid Kampus Undip untuk berinteraksi baik tanya jawab tentang syariah dan kehidupan sehari-hari.
Dan juga disediakan seluruh file dan dokumentasi di setiap kajian, semoga dapat mengobati kerinduan terhadap Kajian Islam karena sibuknya aktifitas baik kuliah, kerja, maupun aktifitas lainnya..

Selanjutnya semoga ini bisa menjadi sarana terbaik kita bersama menjadi Muslim yang terbaik..

Wisata Ruhani
"Bersama Menuju Kebaikan"

11 September 2013

Kedisiplinan Diri


WISATA RUHANI
KEDISIPLINAN DIRI
           
Islam merupakan agama yang sempurna, karena didalam agama Islam tidak hanya mengatur hal – hal yang berkaitan dnegan ibadah namun segala segi kehidupan diatur dalam Islam. Baik hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesama manusia, maupun manusia dengan makhluk lainnya.
            Dalam Islam sudah diajarkan konsep – konsep disiplin diri, salah satunya dalam sholat lima waktu. Islam mengajarkan bagaimana melekatkan sifat disiplin dalam diri, tinggal bagaimana diterapkan oleh umat Islam. Disiplin berarti selesai menyelesaikan masalah yang satu segera menyelesaikan masalah berikutnya, sebagaimana dalam QS. Al-Insyirah:7.


Beberapa cara untuk disiplin diri :
-          Lakukan kegiatan diawal waktu
-          Awali dengan niat yang baik
-          Buat targetan – targetan kecil
-          Tegas terhadap diri sendiri
Islam bukan sebatas urusan individu, namun juga urusan jamaah. Bagitupun dengan sikap disiplin, sangat dipengaruhi oleh lingkungan, tidak bisa disiplin hanya sendirian. Karena pada faktanya banyak orang berusaha untuk disiplin tetapi lingkungan dan sistem yang tidak mendukung untuk disiplin.
            Bahwa disiplin juga perlu adanya indikator – indikator agar tujuan bisa tercapai sesuai dengan target, maka dari itu penting adanya target – target kecil yang dapat dijadikan indikator kedisiplinan.

            Pada beberapa kasus ada orang disiplin dalam sholat namun tidak pada urusan lain, pun ada yang kebalikannya. Itu karena niat yang berbeda, banyak orang yang sungguh – sungguh mengejar dunia dengan sedikit mengabaikan akhirat(ibadah), banyak juga yang bisa mendahulukan ibadah dari dunia, namun akan lebih baik juga bisa berjalan keduanya sama disiplinnya. 

0 komentar:

Post a Comment