Ahlan wa Sahlan, Saudaraku..

Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh..

Ini adalah blog resmi Kajian Wisata Ruhani Undip untuk mempermudah seluruh Jamaah Masjid Kampus Undip untuk berinteraksi baik tanya jawab tentang syariah dan kehidupan sehari-hari.
Dan juga disediakan seluruh file dan dokumentasi di setiap kajian, semoga dapat mengobati kerinduan terhadap Kajian Islam karena sibuknya aktifitas baik kuliah, kerja, maupun aktifitas lainnya..

Selanjutnya semoga ini bisa menjadi sarana terbaik kita bersama menjadi Muslim yang terbaik..

Wisata Ruhani
"Bersama Menuju Kebaikan"

13 September 2013

Rehat dengan sholat Dhuha

Manfaat sholat Dhuha

Buraidah r.a meriwayatkan bahwa Rasulallah Saw. bersabda,"Dalam tubuh manusia terdapat 360 persendian dan ia wajib bersedekah untuk tiap persendiannya." Para sahabat bertanya,"Siapa yang sanggup wahai Rasulallah?" Beliau menjawab,"Ludah dalam masjid yang dipendamnya atau sesuatu yang disingkirkan dari jalan. Jika ia tidak mampu, maka dua rekaat Dhuha sudah mencukupinya"(H.r. Ahmad, dan Abu Dawud).
Peregangan mutlak diperlukan, untuk kesiapan menyongsong hari penuh tantangan. Dan Rasulallah Saw. menyinggung dengan ungkapan yang santun "hak dari setiap persendian". Semuanya cukup dengan dua rekaat dhuha.
Shalat memang memiliki kombinasi unik dari tiap gerakan bagi tubuh. dr. Ebrahim Kazim-seorang dokter, peneliti, serta directur dari Trinidad Islamic Academy-menyatakan gerakan teratur dari shalat menguatkan otot serta tendonnya, sendi serta berefek luar biasa terhadap sistem kardiovascular.
Tips-tips mengerjakan sholat dhuha ditengah kesibukan:
1. tentukan waktu rehat sesuai jadwal kita pada pagi hari, kemudian niatkan dhuha pada waktunya itu. jika memang tidak ada kerjakan pada awal waktunya.
2. berwudhulah sebelum berangkat beraktivitas, kesucian diri menyebabkan jiwa tunduk dalam beribadah
3. jangan memaksakan diri mengerjakan sholat dhuha pada waktu utama pada awal - awalnya. baru setelah stabil sesuaikan jadwal kitaagar mendapatkan keutamaannya.
4. buat reminder pada HP untuk mengerjakan sholat dhuha
5. bergaulah dengan orang - orang yang terbiasa melaksanakan sholat dhuha.

0 komentar:

Post a Comment